WISATA MALAM DI ALUN-ALUN KIDUL SOLO

Wisata Malam di Alun-Alun Kidul SoloKawasan Alun-alun Kidul atau yang biasa disebut Alkid, dahulu berfungsi untuk menyiapkan kondisi kelancaran hubungan Kraton dengan masyarakat, selain itu merupakan lambang kesatuan kekuasaan sakral antara raja dan para bangsawan yang tinggal disekitar alun-alun. Di alun-alun kidul ini anda bisa melihat gerbong kereta jenazah PB X yang digunakan untuk mengangkut jenazah Paku Buwono X ke Imogiri, Yogyakarta. Tepat di depan kereta jenazah PB X terdapat gundukan batu yang diletakkan tidak rapi, dan hanya dilingkari oleh pagar bambu seadanya yang merupakan makam Kebo Kyai Slamet, nenek moyang dari kebo bule yang biasa dilihat saat perayaan satu Suro.

Alun – alun kidul yang sekarang di kenal dengan sebutan Alkid ini, justru menjadi salah satu tempat wisata malam favorit di Solo. Tidak hanya remaja, namun anak-anak hingga orang dewasa turut meramaikan Alkid dari sore hingga malam. Mereka hanya sebatas ingin bersantai, bermain, mengisi waktu, nongkrong dan wisata kuliner, semua bisa dilakukan di Alkid.

Menikmati wisata malam di Alkid Solo tak lengkap jika belum mencicipi makanannya. Terdapat banyak pedagang makanan lezat dan murah di selatan Keraton Kasunanan Surakarta ini. Anda bisa mencoba jagung bakar, wedang asle, siomay, batagor, wedang ronde, hik, serta kerak telor. Dan ada satu lagi yaitu Bakso Bakar yang menjadi ciri khas dari Alkid. Terdapat sekitar 30-an penjual bakso bakar yang berjualan setiap harinya mulai dari pukul 15.00 – 22.00 WIB.  Tak heran bila Alkid menjadi sasaran anak-anak muda untuk sekedar berkumpul bersama teman.

Di Alkid anda dan buah hati bisa terhibur dengan sejumlah permainan menarik yang bisa dinikmati, seperti becak lampu atau becak neon, kereta mini, motocross anak, mandi bola, dan odong-odong.Becak lampu akan semakin menarik ketika wisata malam hari, lampu-lampu yang berbentuk tokoh-tokoh kartun menjadi daya tarik bagi anak-anak. Harga sewa sebuah becak lampu ini hanya Rp 10.000- Rp 15.000 untuk satu kali putaran.

Alkid merupakan public space bagi masyarakat Solo. Banyaknya penjual makanan dan permainan yang asyik dan murah menjadikanya sebagai tempat nongkrong pilihan bagi warga Solo. Alkid juga berperan mendorong sektor ekonomi di kawasan Selatan Kota Solo. Tak salah jika Alkid menjadi salah satu tujuan wisata malam di kota Solo.



      

Leave a Reply