WISATA KULINER MALAM DI GALABO SOLO

galaboGalabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan adalah wisata kuliner malam yang digemari oleh masyarakat Kota Solo. Gladag Langen Bogan diresmikan pada tanggal 13 April 2008. Dengan kehadiran tempat wisata kuliner Galabo, semakin memperkuat Kota Solo sebagai kota yang terkenal dengan sebutan kota wisata kuliner.

Gladag Langen Bogan Solo adalah wisata kuliner yang hanya dibuka pada malam hari, mulai dari pukul 17.00 – 24.00 WIB. Gladag Langen Bogan berlokasi di sebelah timur monumen Slamet Riyadi Gladag, tepatnya di Jalan Mayor Sunaryo yang melintas di depanPusat Grosir Solo, disebelah utara berbatasan dengan situs bersejarah Benteng Vastenburg.

Nah uniknya pada siang hari Jalan Mayor Sunaryo tetap digunakan sebagai jalan raya, sedangkan pada malam hari jalan ditutup untuk menjadi Galabo. Setiap malam Gladag Langen Boganselalu dipenuhi pengunjung baik dari masyarakat Solo maupun masyarakat dari luar Kota solo dan turis asing yang ingin menikmati sajian wisata kuliner malam ini atau hanya sekedar untuk nongkrong. Gladag Langen Bogan merupakan salah satu pilihan sebagai salah satu tujuan wisata di kota Solo.

Gladag Langen Bogan menawarkan aneka macam makanan dan minuman khas tradisional yang sudah legendasuasana galaboris di Kota Solo. Ada sekitar 50 warung yang digelar di sepanjangjalan utama depan Pusat Grosir Solo.

Sajian kuliner di Gladag Langen Bogan bukanlah kuliner biasa, terbukti pedagang makanan yang sudah kondang mengisi tenda-tenda yang disewakan pengelola. Seperti Nasi Liwet Keprabon, Gudeg Ceker Margoyudan, Sate Kere Yu Rebi, Tengkleng Pasar Klewer Bu Edi, Bebek Pak Slamet, Nasi Tumpang Bu Mun, Harjo Bestik, Susu Segar Shi Jack, Bakso Alex, Tahu Kupat Bu Sri, dan Gempol Plered Bu Yami. Disinilah daya pikat Galabo yang selalu memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Setelah puas menikmati santap malam, anda dapatmenikmati suasana kota Solo di malam hari dengan berjalan kaki di sepanjang Alun-Alun Utara.  Pada akhir pekan,tidak hanya makanan dan minuman khas yang ditawarkan di Galabo, sajian musik live dapat pula dinikmati para pengunjung dengan gratis serta fasilitas hotspot yang semakin membuat pengunjung nyaman mencicipi wisata kuliner di Gladag Langen Bogan.



      

Leave a Reply