MENU BUKA PUASA DI MASJID DARUSALLAM

MENU BUKA PUASA DI MASJID DARUSALLAM BUBUR SAMINKetika Ramadhan setiap masjid di kota Solo mempunyai kegiatan khas. Bentuk-bentuk kegiatan bermacam-macam, seperti diisi dengan kegiatan keagamaan di luar hari-hari biasa, seperti shalat tarawih berjamaah, kuliah subuh, kajian Al-Qur’an, atau tadarus Al-Qur’an. Selain kegiatan keagamaan, ada juga kegiatan lomba muadzin untuk anak-anak. Tidak hanya masjid Agung Solo yang bisa anda datangi. Coba anda datang ke masjid Darusallam yang mempunyai kegiatan dengan ciri khas tersendiri yaitu tradisi menyediakan  takjil khusus buka puasa yaitu bubur samin.

Setiap hari di bulan Ramadhan halaman depan masjid Darusallam yang terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 161 Kampung Jayengan, Serengan, Solo berubah menjadi dapur utama untuk proses memasak bubur samin atau yang kita kenal dengan bubur banjar. Bubur samin tak lepas dari Kampung Jayengan yang dihuni oleh perantau asal Kalimantan Selatan.

Awalnya mereka datang ke Solo untuk berdagang permata dan perhiasan. Mereka selalu mengadakan buka puasa dengan menu bubur samin di Masjid Darussalam yang dahulu hanya sebuah bangunan langgar atau mushola pada tahun 1930. Namun sejak tahun 1980, bubur samin mulai diminati oleh masyarakat setempat, sehingga bubur samin dibagikan kepada masyarakat sekitar dengan jumlah yang banyak.

Proses pembuatannya dengan menggunakan soblok berukuran besar, 45 kilogram beras dicampur dengan bahan adonan yang lain seperti santan, susu, kapulaga, jinten, kunyit, berbagai bumbu rempah-rempah, daging,  juga bahan utama yaitu minyak samin. Proses pemasakan bubur samin ini dituhkan selama empat jam mulai dari pukul 11.00 hingga pukul 15.00 WIB. Petugas masjid pun bergantian untuk mengaduk adonan bubur samin.

Adonan bubur ini akan menghasilkan kurang lebih 900 porsi. Sebanyak 700 porsi dibagikan gratis kepada warga masyarakat setelah selesai shalat Ashar berjamaah, sisanya sekitar 200 porsi untuk sajian buka puasa bersama di masjid Darusallam. Tak heran bila warga menyerbu masjid Darusallam.

Selain bubur samin yang dijadikan menu buka puasa di masjid Darusallam, pihak pengurus masjid juga menyajikan minuman khas untuk berbuka di masjid itu, yakni kopi susu dan berbagai macam makanan ringan.



      

Leave a Reply