LEGITNYA KUE MANDARIJN KHAS ORION

kue mandarijn orionSolo selain dikenal sebagai pusat batik, juga merupakan surga wisata kuliner. Berbagai macam makanan lezat khas Solo bisa anda nikmati. Selain makanan, oleh-olehnya pun tidak kalah lazis. Bila anda pergi ke Solo, kurang lengkap bila belum menyambangi pusat oleh-oleh khas kota Kasunanan ini. Ada Roti Kecik buatan Ganep di Tambak Segaran, kerupuk gendar atau karak di daerah Bratan, intip goreng dan usus goreng di Pasar Gede dan Pasar Jongke, srabi Notosuman, serta satu lagi yang sudah melegenda yaitu kue Mandarijn di toko Orion. Bila anda masuk ke toko roti Orion, akan tercium bau harum kue Mandarijn yang sedang di panggang. Kue Mandarijn yang tersedia disini fresh from the oven. Kue Mandarijn Orion ini tidak membuka cabang untuk menjaga rasa khasnya, hanya terdapat satu tempat di Solo yaitu di Jalan Urip Sumoharjo No. 80, Solo.

Toko kue Mandarijn Orion ini berdiri sejak 23 Maret 1932, yang didirikan oleh Njoo Hong Yauw dan istrinya Tjan Giok Nio pada masa penjajahan Belanda. Hingga saat ini masih diburu oleh pelancong- pelancong yang berwisata ke Solo. Mungkin asing ditelinga kita dengan kata Mandarijn, kenapa tidak mandarin saja yang lebih mudah diucapkan. Usut punya usut ternyata Mandarijn adalah bahasa Belanda yang berarti priyayi Tiong Hoa.

Roti Mandarijn merupakan kue basah dengan dua sisi roti warna coklat dan warna kuning yang bertumpuk dilapisi dengan selai nanas. Citarasa yang khas, legit, dan lembut kue Mandarijn buatan toko Orion membuat lidah ketagihan, itulah yang menjadi perbedaan dengan kue lapis Surabaya yang sekilas terlihat sama.

Toko roti Orion menyediakan tiga macam kue Mandarijn, yaitu Mandarijn biasa, Mandarijn kismis dan Mandarijn special. Perbedaan antara kue Mandarijn biasa dan special terletak pada penggunaan mentega. Mandarijn biasa hanya menggunakan mentega, sedangkan Mandarijn special memakai mentega rumbotter sehingga lebih terasa mantab di lidah. Untuk Mandarijn kismis berisi taburan kismis di dalam kue Mandarijn. Untuk rasa tetap terjamin enaknya, karena dibuat oleh ahlinya.

Harga dari ketiga jenis kue Mandarijn ini pun juga tidak terlalu banyak berbeda, mulai dari Rp.52.500- Rp.115.000. Kue Mandarijn juga tersedia dalam dua ukuran, ukuran kecil 16 x 18 cm yang bisa dinikmati menjadi kurang lebih 18 potong, sedangkan ukuran besar 28 x 30 cm. Sudah bisa membayangkan bentuknya? Pengen mencicipi lezatnya? Langsung aja dateng ke toko roti Orion.



      

Leave a Reply