KULINER UNIK KHAS PASAR GEDE SOLO

Kuliner Unik Khas Pasar Gede SoloPasar Gede merupakan salah satu pasar tradisional yang tertua dan terlengkap di Solo. Pasar Gede terletak diseberang Balaikota Solo, tepatnya di persimpangan antarajalan Jendral Sudirman dan Jalan Pasar Gede serta masuk dalam kawasan Pecinan yang bernama Balong. Ternyata ada yang menarik di Pasar Gede, selain kelengkapannya, terdapat kuliner khas Solo di dalam pasar ini. Tak heran bila kota Solo terkenal dengan kota kuliner.

Seperti es dawet ayu Pasar Gede yang sudah terkenal dengan kesegarannya. Es dawet ini mudah ditemui, jika anda masuk dari pintu pasar sebelah utara. Komposisi es dawet ayu khas Pasar Gede ini sangat komplit dan mengenyangkan, berisi telasih, jenang sumsum, ketan hitam, dan tape ketan.

Terdapat pula gempol pleret berupa minuman dari santan dengan rasa yang unik perpaduan antara manis dan gurih. Di dalamnya terdapat bola-bola kecil yang terbuat dari tepung beras.Anda bisa menemukan penjual gempol pleret di samping pintu utama Pasar Gede.Bagi anda yang ingin sesuatu yang hangat cobalah takwa atau tahok di seberang Pasar Gede pada pagi hari. Takwa atau tahok adalah hidangan tahu sutra yang lembut dengan kuah jahe yang manis, pedas, dan hangat.

Bagi anda penggila kopi, di Pasar Gede Solo terdapat satu toko kopi legendaris yaitu Toko Podjok. Toko Podjok yang sudah berdiri sejak sekitar tahun 1945 menyediakan berbagai macam jenis kopi dalam bentuk biji maupun giling.

Selain minuman, anda bisa menikmati makanan di Pasar Gede. Di Pasar Gede ini terdapat lenjongan. Lenjongan adalah jajanan pasar komplit, terdiri dari klepon, gethuk, cenil, gendar, dan tiwul. Diatasnya ditaburi parutan kelapa, dan juga anda bisa memilih gulanya, ada gula halus dan gula jawa yang sudah dicairkan.

Menariknya lagi, anda bisa menemukan cabuk rambak khas Solo yang sekarang mulai jarang dijual di sembarang tempat, rasanya pun tak perlu diragukan lagi.Cabuk Rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis lalu dituangkan sambal yang terbuat dari kelapa parut, kemiri, wijen, daun jeruk dan cabe. Tak lupa karak atau kerupuk nasi yang menambah kenikmatan cabuk rambak. Monggo mampir ke Pasar Gede, nikmati jajanan khasnya Solo di sini.



      

Leave a Reply

*