BERTAMASYA BERSAMA ALAM DI TAMAN SATWA TARU JURUG

TAMAN SATWA TARU JURUG_Solo merupakan kotamadya yang kecil namun lengkap. Mulai dari pusat belanja, pusat sejarah, dan pusat kuliner. Tak ketinggalan kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang melengkapi  obyek wisata bersama keluarga yang sudah berdiri sejak tahun 1878. Taman Satwa Taru Jurug yang dikenal masyarakat Solo dengan sebutan Taman Jurug ini terletak di Jalan Ir. Sutami yang bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Taman jurug juga berdekatan dengan sungai legendaris, yaitu Bengawan Solo. Tak heran bila terdapat patung Gesang sang maestro pencipta lagu Bengawan Solo serta sanggar seninya. Setiap hari Minggu dan hari libur nasional, anda bisa menikmati alunan music keroncong Jawa sambil bertamasya.

Koleksi satwa di Taman Jurug ini relatif lengkap sehingga cocok sebagai sarana pengenalan binatang kepada anak. Di Taman Jurug ini terdapat merak hijau, macan tutul, harimau sumatera, ular, kanguru, komodo, iguana, kuda, landak, berbagai macam hewan unggas, beruang, kera, zebra, unta, buaya, kijang, gajah, siamang, dan berbagai satwa lainnya. Selain satwa, Taman Jurug juga mengoleksi berbagai macam tumbuhan seperti pohon cemara, pinus, munggur  (trembesi), flamboyan, akasia, dan pohon-pohon  lainnya. Sehingga Taman Jurug sangat rindang dan sejuk, cocok untuk mengadakan piknik bersama keluarga.

Taman Jurug merupakan kebun binatang dengan konsep wisata alam keluarga. Taman Jurug juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kebutuhan pengunjung seperti masjid, toilet, tempat makan, dan arena bermain anak. Manjakan anak anda dengan kereta mini yang mengelilingi Taman Jurug, dan menunggang gajah atau kuda. Di setiap ruas-ruasnya tersedia block sebagai jalan setapak yang member kenyamanan ketika menyusuri Taman Jurug.

Pada waktu tertentu, anda pun juga  bisa menyaksikan pertunjunkan seni reog atau jaran dor. Anda dan keluarga juga bisa bersenang-senang di atas air, karena tersedia perahu bebek di dekat pintu masuk. Tak hanya perahu bebek yang dicoba. Cobalah perahu motor di Bengawan Solo. Dengan mengarungi sungai Bengawan Solo, anda bisa menikmati kerindangan pepohonan di sekitar Taman Jurug dan tebing-tebingnya yang cantik.



      

Leave a Reply