BENTENG VASTENBURG CAGAR BUDAYA KOTA SOLO

benteng vastenburgBenteng Vastenburg adalah salah satu cagar budaya yang sekarang menjadi salah satu tempat untuk mengadakan event-event Kota Solo. Tak hanya event kebudayaan, namun juga event musik dan aneka festival pernah di gelar di Benteng Vastenburg ini. Letak geografis Benteng Vastenburg sangat strategis, sebelah utaranya ada  Telkom Solo, sebelah Selatannya ada Pusat Grosir Solo (PGS) dan Alun-alun utara Solo, sebelah baratnya ada bank Indonesia dan sebelah Timurnya ada  Luwes Sangkrah. Tak jauh dari benteng vastenburg ada Balai kota Surakarta, komplek bank (Bank Bukopin, Bank Indonesia, Bank BRI), Komplek Hotel dan Kantor Pos.

Berbicara mengenai sejarah Benteng Vastenburg, Benteng ini dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jendral Baron Van Imhoff. Benteng ini adalah peninggalan Belanda yang dulunya sebagai tempat untuk mengawasi pemberontak dan sekaligus sebagai pusat garnisun (suatu korps pasukan yang ditempatkan di suatu benteng).

Bentuk fisik benteng Vastenburg tak beda dengan benteng-benteng pada umumnya, terdapat tembok besar dan menjulang tinggi dan di sekitarnya dibuat parit. Kemudian di dalamnya dibuat beberapa barak yang saling terpisah dengan bentuk sesuai fungsinya masing-masing. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk tempat berkumpul semua pasukan militer skaligus untuk tempat apel dan upacara.

Kini kewajiban kita untuk menjaga warisan budaya leluhur dengan cara menjaga dan membersihkannya supaya benteng vastenburg bisa menjadi tempat wisata sejarah yang nyaman dikunjungi baik wisata lokal maupun mancanegara.



      

Leave a Reply