KEMERIAHAN IMLEK DI PUSAT GROSIR SOLO


Perayaan tahun baru Tiongkok atau yang dikenal dengan Imlek memang sudah melekat dengan masyarakat Solo. Perayaan Imlek identik dengan kuliner khas kue keranjang yang berjajar di toko, juga pemasangan dekorasi lampion, busana warna merah, dan tarian barongsai. Setiap masyarakat Solo memiliki cara tersendiri untuk merayakan Imlek, seperti mengadakan kumpul bersama keluarga. Begitu juga dengan badan usaha atau department store yang merayakan Imlek dengan cara yang berbeda pula.

Kemeriahan Imlek di Pusat Grosir Solo berhasil menarik perhatian pengunjung. Perayaan Imlek 2566 kali ini, Pusat Grosir Solo (PGS) mengadakan pertunjukan tarian barongsai pada  hari Sabtu, 21 Februari 2015.

Tepat pukul 10.00 WIB, suara drum dan simbal menyemarakkan suasana berbelanja di Pusat Grosir Solo (PGS). Seekor naga dengan aneka warna meliuk indah, dengan gerakan-gerakan gesit dan mengikuti irama musik yang rancak. Penonton berkerumun memenuhi kanopi lobby depan PGS, menyaksikan dengan takjub dan sesekali mengabadikan tarian naga itu dengan kamera. Kemudian sang naga menunjukan kelicahan tarian barongsainya dengan menari dan beratraksi di atas susunan bangku-bangku kayu.

Selain beratraksi di lobby depan PGS, dua buah barongsai turut berkeliling di dalam area PGS untuk menyambut angpao-angpao yang sudah dipersiapkan oleh pemilik tenant. Bahkan anak-anak pun juga antusias memberikan angpao kepada si barongsai. “Acaranya sangat seru sekali, anak-anak saya juga senang ketika barongsai mulai beraksi. Apalagi saat mengambil angpao. Anak-anak juga merengek ingin kasih angpao ke barongsai,” ungkap Dewi.

Suasana berbelanja dihari itu jadi semakin meriah dengan kehadiran dua barongsai tersebut. Banyak dari tenant dan pengunjung yang menggunakan kesempatan ini untuk berfoto bersama barongsai.

Pertunjukan tarian barongsai tersebut adalah agenda rutin yang diselenggarakan oleh PGS. Sesuai dengan filosofi dari tarian barongsai dan naga, sajian tarian tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas rezeki yang sudah diterima selalam 1 tahun yang lalu dan sekaligus berharap agar di tahun depan akan memperoleh rezeki yang lebih melimpah.



      

Leave a Reply