TIPS MERAWAT KEBAYA

TIPS MERAWAT KEBAYAKebaya memang identik dengan wanita Indonesia. Kebaya memang menjadi kebanggan wanita Indonesia pada umumnya untuk menghadiri acara formal. Mengapa? Karena wanita Indonesia akan terlihat lebih cantik dan anggun ketika memakai kebaya yang terbuat dari bahan brokat dan dipenuhi dengan payet cantik.Walaupun memakai kebaya cukup sulit, namun hal itu tidak sebanding dengan aura cantik yang anda tunjukkan khas Indonesia melalui kebaya.

Jika anda memiliki kebaya, maka anda perlu memperhatikan cara merawat kebaya yang benar. Karena kebaya memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk merawatnya. Cukup dengan anda rajin dan menjaga kebaya dengan baik, pasti kebaya anda akan awet. Berikut tips merawat kebaya :

                  1. Mencuci dengan Benar

Saat mencuci anda harus lebih berhati-hati saat mencucinya agar payet di kebaya tidak lepas dan kebaya tidak rusak. Jangan sekali-kali mencuci kebaya di mesin cuci atau menguceknya untuk menghndari kerusakan pada kebaya. Maka, cara mencucinya cukup dengan mencampur satu sendok makan detergen ke dalam air bersih. Rendam kebaya selama 10 menit, hindari merendam terlalu lama. Jangan memeras kebaya terlalu kuat,setelah mencuci kebaya.

Jika terdapat noda di kebaya, maka anda bisa membersihkannya dengan air jeruk nipis tepat di atas noda. Biarkan airnya meresap ke bahan kebaya, lalu rendam dengan air.

  1. Jangan menjemur di bawah terik matahari

Pada saat menjemur kebaya, jangan langsung terpapar sinar matahari karena warna kebaya bisa pudar. Anda cukup mengangin-anginkan kebaya anda di dalam rumah. Sebenarnya kebaya tidak perlu terlalu sering dicuci. Setelah dipakai, kebaya cukup diangin-anginkan saja.

  1. Menyimpannya yang benar

Bila bahan kebaya anda dari sutra dan cukup ringan, maka gantungkan saja di gantungan baju yang pas untuk menyangga bagian bahu. Sedangkan jika kebaya anda terbuat dari banyak payet dan manik, maka jangan menggantungnya karena bisa merusak bentuk dan memberantakan payetnya. Anda bisa melipatnya saja dan diletakkan dalam lemari. Selain itu, jauhkan lemari pakaian anda dari kapur barus karena bisa merusak bahan kebaya. Masukan kebaya ke dalam plastik agar tidak kotor dan tidak tersangkut dengan paku di dalam lemari.

Itulah sedikit tips merawat kebaya dari PGS, semoga bermanfaat bagi anda kaum hawa dalam menjaga dan merawat kebaya favorit anda.



      

Leave a Reply

*