TAHAPAN MEMBUAT BATIK

Tahapan-Membuat-Batik__Siapa yang tak kenal batik? Pakaian yang satu ini memilki motif yang sangat indah dengan berbagai pilihan warna yang beragam. Pembuatannya ada yang menggunakan motode tulis (batik tulis), cara cap, dan juga printing. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara membuat batik tulis yang sudah digunakan secara turun-temurun oleh para leluhur kita. Berikut tahapan-tahapannya:

1. Penutupan kain dengan malam/lilin
Tahap yang pertama adalah membuat pola pada kain yang akan dibatik dengan menggunakan pensil. Jika sudah membentuk motif, kain tersebut disampirkan pada gawangan untuk masuk pada proses penutupan malam/lilin. Pada tahap ini, dari pola yang telah dibuat akan diketahui bagian mana yang tetap berwarna kain dan akan ditutupi malam dengan menggunkan canting. Hal tersebut diperuntukkan pada saat pencelupan kain kedalam larutan pewarna, bagian yang telah diberi lapisan malam tidak akan terkena zat pewarna tersebut. Proses ini membutuhkan ketelitian agar lapisan malam sesuai dengan pola yang telah digambar. Jika cairan menetes ke permukaan kain maka nantinya akan mempengaruhi fisik motif batik.

2. Pewarnaan
Setelah proses penutupan malam/lilin selesai, maka tahap selanjutnya adalah pemberian warna. Kain dicelupkan ke dalam wadah yang telah diberi larutan pewarna lalu di jemur. Proses ini dilakukan berulang-ulang. Setelah kering, kain dicelupkan kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau warna yang diinginkan.

3. Proses Nglorot
Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan malam dengan cara direbus pada air panas. Bagian yang ditutupi malam akan berwarna seperti kain dasarnya dan motif yang digambar menjadi terlihat.

Untuk selanjutnya tergantung pada berapa banyak warna yang terdapat pada motif batik yang akan dibuat. Ketiga proses diatas dapat dilakukan kembali untuk kain batik yang memiliki banyak warna. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan canting isen yang berfungsi untuk mengisi warna pada pola batik.

Setelah proses diatas selesai dan warna pada batik sudah seperti yang diinginkan, maka langkah yang terakhir adalah memasukan kain ke larutan soda ash. Tahap ini dilakukan untuk mematikan warna pada batik agar menghindari kelunturan.



      
  1. Pingback: Kreasi Motif Batik Bali | Phalam Batik & Souvenirs

Leave a Reply