STRATEGI PEMASARAN KIOS KECIL

strategi pemasaran kios kecilBerjualan di kios kecil belum pasti mendapat omset sedikit. Banyak contoh berjualan di kios kecil namun bisa mendapat omset lebih besar. Kios pakaian misalnya. Kios yang menjual segala macam pakaian sebenarnya bisa mendatangkan banyak pemasukan jika bisa mensiasati dan meracik strategi penjualan yang tepat.

Kali ini kita akan sedikit ngomongin bagaimana meracik strategi penjualan yang tepat untuk usaha kios kecil, khususnya kios pakaian. Pakaian menjadi komoditas yang masih banyak dicari pembeli. Karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan hidup. Target marketnya juga beragam mulai dari anak-anak, remaja, cewek, cowok hingga orang tua. Maka perlu ada spesifik produk yang ingin kita jual dan target khusus yang akan kita bidik.

Contoh kasus, kita mempunyai kios pakaiandengan produk pakaian remaja cowok dan cewek. Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan omset kios, diantaranya:

  • Kita hire keeper shop cowok dan cewek yang berpenampilan menarik. Tidak perlu ganteng atau cantik yang penting enak dipandang. Setelah itu kita beri pelatihan agar bisa lebih komunikatif dengan calon pembeli. Pembeli diajak ngobrol santai tidak melulu membicarakan produk dan harganya. Sampai pembeli merasa nyaman baru kemudian kita tawarkan produk-produk kita. Hal ini bertujuan memberikan kesan positif kepada pembeli akan pelayanan kios kita. Harapannya ketika 1 pembeli puas dengan pelayanan kita walaupun tidak jadi membeli, mereka akan bercerita kepada temen-temennya dan merekomendasikan kios kita.
  • Hias kios kita sesuai tema. Pada contoh kali ini adalah kios pakaian remaja. Anak – anak muda cenderung suka dengan warna-warna dinamis dan nuansa ceria. Maka dalam penataan produk-produk di kios pasang sample-sample pakaian menggunakan manekin-manekin yang gaul. Ada beberapa jenis manekin yang sudah kita bahas di artikel Tips Merawat Manekin Kios Fashion.
  • Buat event sederhana seperti kuis-kuis kecil dengan hadiah produk-produk Anda. Dengan adanya event-event sederhana ini, akan menarik minat calon pembeli untuk setidaknya datang dan berkunjung ke toko Anda. Dengan banyaknya pengunjung yang datang maka tingkat penjualan akan juga meningkat.

Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencuri hati para calon pembeli anda agar omset Anda meningkat. Selamat mencoba.



      

Leave a Reply

*