PERKEMBANGAN BATIK

Pengembangan BatikBatik merupakan warisan budaya yang sudah menjadi identitas bangsa. Ragam motif yang terdapat pada Batik merupakan filosofi yang diambil dari pandangan hidup masyarakat pada kala itu. Batik menggambarkan kekayaan budaya negeri ini yang disimbolisasi melalui sebuah pakaian.

Zaman dahulu kita mengenal proses membatik hanya menggukan metode tulis atau dikenal dengan batik tulis. Warna-warna yang digunakan pun merupakan pewarna alami yang berasal dari daun dan kayu-kayuan. Namun di era modern saat ini batik juga diproduksi dengan cara printing dan cap.

 

Masuknya motode printing dan cap membuat produksi batik yang kian meningkat. Teknik ini memberikan dampak penggabungan gaya dari berbagai daerah. Seperti Batik Solo dan Batik Pekalongan yang telah banyak diproduksi dengan kedua metode tersebut.

Kini batik pun tidak hanya digunakan pada pakaian, namun  batik juga telah diaplikasikan pada media media lainnya. Saat ini kita banyak disuguhkan souvenir-suvenir cantik yang memuat motif batik.  Tas batik, sandal batik, gantungan kunci, adalah salah satu gambaran bahwa batik semakin berkembang dan populer di masyarakat.



      

Leave a Reply