KREASI MOTIF MODERN BATIK PEKALONGAN

KREASI MOTIF MODERN BATIK PEKALONGAN_Batik adalah kesenian asli Indonesia yang telah diakui oleh dunia Internasional. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang memiliki kekhasan tersendiri, dan tentunya kaya akan ragam batiknya. Salah satunya adalah batik Pekalongan. Batik Pekalongan ini ternyata banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia selain batik Solo dan Yogyakarta. Batik yang tumbuh di pesisir utara Jawa ini memiliki motif yang khas layaknya batik-batik dari sentra batik lainnya, seperti Solo dan Yogyakarta. Pada motif batik Solo dan Yogyakarta terkenal sebagai motif klasik hias Parang, Kawung, Udan Liris, Ceplok, dan Mega Mendung. Karena batik ini merupakan pakem-pakem lahirnya motif batik Jawa.

Berbeda dengan motif batik di Pekalongan, motif batik Pekalongan ini cenderung lebih modern. Karena terdapat akulturasi budaya kaum pribumi dengan bangsa-bangsa pendatang, seperti Arab, India, Tiongkok, Belanda dan Jepang.

Akulturasi ini terjadi di Pekalongan, karena Pekalongan merupakan kota pesisir yang  memiliki pelabuhan. Pelabuhan ini sejak dulu telah dimanfaatkan penduduk sebagai salah satu pintu perdagangan di Nusantara. Dari jalan perdagangan inilah terjadi akuturasi di berbagai bidang, termasuk dalam kesenian batik dengan bangsa Arab, India dan Tiongkok. Sedangkan  akulturasi dengan bangsa Belanda dan pengaruh bangsa Jepang hadir karena adanya kolonialisasi.

Ragam motif batik Pekalongan yang cantik ini dapat lihat pada batik bermotif Jlamprang. Motif Jlamprang ini dipengaruhi oleh budaya Arab dan India, sehingga menghasilkan motif yang unik. Motif Jlamprang mengadopsi motif kain stola yang dibawa oleh saudagar India. Pada motif batik Pekalongan yang lain, anda bisa menemukan ragam hias burung Hong yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Terdapat pula motif dengan ragam hias Buketan yang dipengaruhi oleh budaya Eropa dan motif batik modern Jawa Hokokai dipengaruhi masa penguasaan kolonial Jepang. Tentunya motif batik Pekalongan bisa menambah koleksi batik anda atau untuk penambah kesan elegan penampilan anda.



      

Leave a Reply

*