KREASI MOTIF BATIK BALI YANG UNIK

batik bali_Pulau Bali merupakan salah satu tempat wisata terfavorit bagi pengunjung domestik maupun mancanegara. Bali memiliki keindahan alam tersendiri dan mempesona, dan menjadi inspirasi dalam membuat batik. Desain batik Bali memiliki keunikannya tersendiri di antara seluruh batik yang ada di Nusantara. Motif batik yang sangat beragam dan penuh variasi menumbuhkan peminatnya untuk mengoleksi batik ini. Motif batik Bali di dominasi oleh motif-motif tumbuh-tumbuhan. Namun sejarah perkembangannya, batik Bali memiliki motif yang berubah-ubah, mulai dari motif tumbuhan dan binatang, lalu bertransformasi menjadi motif abstrak seperti awan, relief candi, serta wayang beber. Selain itu dalam perkembangannya menjadi corak lukisan dengan seni dekorasi.

Ciri khas batik Bali terletak pada motifnya yang merupakan perpaduan antara motif tradisional dan modern. Terdapat lambang-lambang khas daerah seperti burung bangau, naga, kura-kura, dan rusa. Sentuhan modern Batik Bali terlihat dari warna-warna kain yang cerah dan corak bergelombang.

Perkembangan motif batik Bali sendiri mengalami yang sangat cepat terbukti dengan makin maraknya batik Bali di masyarakat. Juga tak ketinggalan ragam corak perpaduan batik Bali, semisal perpaduan motif batik Bali-Papua, Bali-Pekalongan, dan lain sebagainya. Motif batik Bali sendiri banyak terinspirasi dari berbagai hal yang berada di Pulau Bali. Tidak heran bila motif yang ada pada batik Bali banyak dipengaruhi oleh sejarah di Bali terutama pada zaman sansekerta dan pewayangan yang ada di kawasan Jawa.

Berdasarkan teknik pengerjaannya, batik Bali di bagi menjadi tiga. Batik lukis, dilukis langsung dengan tangan menggunakan alat bantu dan pewarna alami di atas kain. Batik tulis, kain batik yang masih polos putih dan berserat alami, seperti bahan wol, katun, dan sutra dibuat corak dengan menggunakan canting. Batik cap, kain bercorak batik dicap dengan alat khusus sehingga menghasilkan motif batik yang menarik dengan pengerjaan yang relatif singkat.

Batik Bali terkenal memiliki aroma yang khas Bali karena ini dihasilkan dari bahan-bahan alami yang digunakan dalam bentuk aneka rempah-rempah seperti akar dan juga kayu-kayu yang mengandung aroma tertentu.



      

Leave a Reply

*