ISEN, PELENGKAP BATIK YANG MEMBUAT CANTIK

ISEN, PELENGKAP BATIK YANG MEMBUAT CANTIKSaat ini kita banyak disuguhkan berbagai macam motif batik yang beredar di masyarakat.  Polanya sangat beragam. Mulai dari yang berbentuk garis, lingkaran, segi empat, juga yang memiliki ragam hias tumbuhan dan binatang.

Dalam proses pembutan motif batik, ternyata ada yang disebut isen atau ornamen pengisi. Ornamen ini melengkapi motif utama sebagai hiasan atau yang mempercantik motif batik. Isen dapat diterjemahkan sebagai ‘isian’, gambar-gambar yang berfungsi untuk mengisi ornamen pokok dalam batik.

Dalam Batik Solo juga terdapat isen-isen yang masih digunakan sampai saat ini. Isen yang berbentuk titik-titik disebut cecek. Ada juga bentuk garis-garis yang biasa disebut galar/sawut. Selain itu masih banyak lagi isen-isen yang digunakan dalam Batik Solo, diantaranya sisik gringsing, ukel, bunga, beras tumpah, cacah gori, dan lain sebagainya.

Isen selalu disesuaikan dengan motif utamanya agar terlihat padu. Meskipun hanya disebut ornamen pelengkap, namun isen juga berfungsi untuk membuat batik tampak lebih cantik.



      

Leave a Reply