CARA PEMBUATAN BATIK LUKIS

CARA PEMBUATAN BATIK LUKIS_

Selain batik tulis dan batik cap, ternyata ada jenis batik yang lain yang mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia yaitu batik lukis atau batik painting. Batik lukis adalah bentuk batik kontemporer, yaitu seni melukis batik. Proses pembuatan batik lukis hampir sama dengan proses pembuatan batik tulis, yaitu dengan cara melukis secara langsung pada kain warna putih. Pada batik tulis, proses pembuatannya menggunakan canting. Nah, pada batik lukis ini selain menggunakan canting juga menggunakan kuas dalam proses pembuatannya.

Seiring berjalannya waktu, teknik maupun pewarnaan pada batik makin berkembang dan semakin menarik. Sehingga lahirlah batik lukis, dimana batik dilukis dengan berbagai macam kreasi bentuk kontemporer. Apabila di batik tulis hanya ada warna coklat dan hitam, maka pada batik lukis ini terdapat berbagai macam warna yang bervariasi. Batik lukis ini memang sering digunakan untuk hiasan dinding. Selain itu batik lukis juga bisa sering digunakan untuk pelengkap fashion yang praktis sehari-hari. Motif-motif yang sering dibuat pada batik lukis ini sangat bervariasi dan unik yaitu motif lukisan burung, ikan, pemandangan gunung, suasana di Bali, kegiatan sehari-hari, dan masih banyak motif yang lain.

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam membuat batik lukis adalah kain katun atau sutera. Setelah itu membuat sketsa atau coretan-coretan yang ingin dilukiskan, namun berbeda bagi sang maestro dalam menuangkan kreasinya. Tanpa menggunakan sketsa, mereka langsung membuat motif malam dengan canting ataupun kuas. Pada batik lukis ini pembatikan dan pewarnaan sering kali dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang maksimal. Perlu di ketahui bahwa menggoreskan malam ke kain ini butuh kecakapan yang ekstra, karena tidak semudah menggambar diatas kertas.

Untuk menciptakan pewarnaan dengan efek-efek khusus, gradasi atau efek-efek yang unik, selain kuas juga digunakan kapas atau potongan kain. Pembuatan batik lukis ini sebenarnya sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang sempurna, karena terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat tercapai. Namun jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan mendapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah dan menarik. Batik lukis terlihat semakin indah setelah proses pelorodan malam batik dilakukan.



      

Leave a Reply

*