CARA MENCUCI BAJU BAYI YANG AMAN

TIPS MENCUCI BAJU BAYI__

Sudah menjadi rahasia umum bila kulit bayi memang mudah iritasi dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Sehingga dalam mencuci baju bayi perlu hati-hati, karena pakaian selalu digunakan oleh bayi di setiap aktivitasnya. Apabila terdapat kotoran walaupun sedikit saja pada baju, membuat bayi tidak nyaman dengan iritasi di kulit. Cara mencuci baju orang dewasa dengan bayi sangatlah berbeda. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju bayi :

  1. Memilih Deterjen

Memang banyak deterjen yang menawarkan keampuhannya dalam menghilangkan segala noda. Namun sebaiknya hati-hati dalam memilih deterjen karena memiliki zat kimia yang kuat. Sebaiknya pilihlah deterjen yang ramah lingkungan bisanya terdapat logo khusus pada kemasan atau pilihlah deterjen khusus bayi. Hindari deterjen yang mengandung surfaktan dan enzim. Jika tidak, anda bisa memilih deterjen yang tidak memakai bahan pewangi atau pewarna. Hindari penggunaan cairan pemutih saat mencuci baju bayi.

  1. Bersihkan Noda Baju

Sebelum mencuci, lakukan pemilahan pakaian bayi. Apabila baju atau popok bekas kotoran dan baju bekas muntah bayi maka sebaiknya buang kotoran ke kloset dahulu. Kemudian bersihkan sisa kotoran dengan air mengalir. Bersihkan bagian yang terkena noda dengan sabun atau deterjen. Jika noda membandel, rendam baju atau popok yang terkena noda dalam larutan deterjen sekitar 30 menit. Apabila popok bekas urine maka rendam popok di air dahulu, kucek sebentar di bagian yang terkena urine. Setelah baju atau popok bayi dibersihkan dari noda, maka boleh dicuci dengan baju lainnya.

  1. Cara Mencuci.
    • Saat mengggunakan deterjen bubuk, tuang air di ember atau mesin cuci dahulu, baru dibubuhi deterjen. Agar debu deterjen tidak menebar ke mana-mana.
    • Baju bayi harus dibilas 2-3 kali hingga benar-benar bersih. Karena jika tidak dibilias dengan dengan bersih bisa menyebabkan terjadinya ruam popok.
    • Tambahkan  2 sendok makan soda kue di bilasan terakhir di mesin cuci, atau 1 sendok teh di bilasan terakhir saat mencuci dengan tangan. Soda kue bisa membuat baju bayi lebih lembut dan lebih segar baunya.
    • Pilih pelembut khusus untuk bayi. Penggunaan pelembut baju dewasa dikhawatirkan membuat daya serap popok berkurang.
    • Peras baju dan keringkan dengan menggantung baju. Saat menjemur balik bagian dalam baju agar terkena sinra matahari. Sinar matahari sangat membantu menghilangkan bakteri. Seterikalah baju bayi setelah kering agar lebih nyaman dipakai dan rapi ketika disimpan.

Bagi anda yang sedang berbahagia memiliki bayi, informasi diatas bisa menjadi rujukan agar bayi anda sehat selalu. Semoga bermanfaat.



      

Leave a Reply

*