BATIK SOLO DIPERKENALKAN LEWAT KARNAVAL

BATIK SOLO DIPERKENALKAN LEWAT KARNAVALBatik Solo sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Banyak cara dilakukan guna melestarikan batik yang sejatinya merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki bangsa ini. Diantaranya melalui acara-acara budaya yang mengusung batik sebagai tema utama.

Sejak 2008 silam, Pemerintah Kota Solo yang kala itu dipimpin oleh Joko Widodo, memplokamirkan Solo sebagai The City of Batik. Tak jarang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Batik Solo bermunculan pada saat itu. Salah satunya Solo Batik Carnival (SBC) yang sampai saat ini masih menghiasi kalender event Kota Bengawan.

Perhelatan akbar ini digelar di sepanjang jalan Slamet Riyadi dengan mengusung tema yang kemudian diterjemahkan melalui kostum buatan para peserta. Berbagai macam corak Batik Solo terlihat mewah dengan bentuk-bentuk yang istimewa. Hiasan manik-manik yang dipadukan dengan ragam hias Batik Solo membuat karnaval ini makin terlihat semarak.

Selain membuat Batik Solo semakin eksis, SBC juga bertujuan untuk memperkenalkan Solo sebagai kota batik di mata Indonesia maupun dunia. Karnaval ini selalu berganti konsep di tiap tahunnya untuk menyuguhkan yang terbaik bagi masyarakat.



      

Leave a Reply