BATIK SOLO DI HOUSE OF DANAR HADI

BATIK SOLO DI HOUSE OF DANAR HADI

Batik Solo termasuk salah satu jenis batik di Indonesia yang memilki nilai historis. Kain ini sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Batik sendiri pada tanggal 2 Oktober 2009 telah diakui United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan.

Batik Solo dengan coraknya yang begitu khas telah banyak melahirkan seniman-seniman hebat di bidang ini. Salah satunya Haji Santosa Doellah. Melalui produk-produknya dengan brand Danar Hadi, ia berjasa memperkenalkan Batik Solo tidak hanya di Indonesia namun juga di mata Internasional. Batik-Batik Solo buatan Danar Hadi dikenal dengan kualitasnya yang terbaik dan memiliki cita rasa yang tinggi.
Bapak Haji Santosa Doellah juga senantiasa berupaya agar batik Solo tetap lestari. Kecintaannya terhadap batik dibuktikannya juga dengan mendirikan Museum Batik Danar Hadi. Museum ini disahkan pada tahun 2000 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri dan telah mengoleksi lebih dari sepuluh ribu helai kain. Haji Santosa Doellah  mengumpulkan batik-batik buatannya dan juga memburu koleksi batik dari seluruh penjuru negeri. Museum Batik Danar Hadi telah diakui sebagai museum batik terbaik dan terlengkap di dunia.

 

Di dalam museum ini pengunjung dapat melihat koleksi-koleksi batik yang telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Diantaranya Batik Kraton (Batik Solo dan Jogja), Batik Pesisir (Kudus, Lasem, Pekalongan), Batik Sumatera, Batik China, Batik Belanda, Batik Kontemporer, dan berbagai jenis batik lainnya.

Museum ini berdekatan dengan produk-produk jajakan yang masih berada dalam satu komplek bernama House of Danar Hadi. Disini juga terdapat pabrik produksi batik yang membuat pengunjung juga dapat mengetahui proses pembuatan batik dari awal hingga akhir. Jadi, tertarik untuk mengunjungi House of Danar Hadi?



      

Leave a Reply