BATIK SOLO BENTUK GEOMETRIS DAN NON GEOMETRIS

BATIK SOLO BENTUK GEOMETRIS DAN NON GEOMETRISBatik Solo, jika Anda membeli jenis batik yang satu ini, Anda akan disuguhkan berbagai macam coraknya yang beragam. Terdapat banyak pola-pola indah tergantung dengan selera Anda. Namun tahukah Anda jika ternyata motif batik terbagi dalam dua bentuk?

Motif Batik Solo dan juga batik lainnya dibedakan dalam bentuk geometris dan non geometris. Geometris adalah motif yang ornamennya terdiri dari bidang-bidang geometris. Biasanya dapat berupa garis, lingkaran, kotak, dan segiempat  yang saling berulang. Sedangkan non geometris terdapat bentuk-bentuk seperti binatang, candi, dan juga tumbuhan.

Salah satu Batik Solo yang memuat bentuk geometris adalah motif Parang Kusuma. Motif ini berupa garis berlekuk-lekuk dari sisi atas ke sisi bawah kain. Selain itu juga ada motif Sido Asih dan Bokor Kencana. Motif Sido Asih berpola segi empat, sedangkan Bokor Kencana berbentuk lung-lungan.

Untuk Motif Batik Solo non geometris beberapa diantarnya adalah Ratu Asih, dan Sekar Jagad. Ratu Asih mengandung unsur-unsur tumbuhan, sedangkan Sekar Jagad sesuai dengan maknanya, Sekar Jagad adalah kumpulan bunga sedunia. Batik Solo yang satu Motif ini bernuansakan bunga serta memiliki warna yang bervariasi pada setiap bagiannya.



      

Leave a Reply