BATIK INDONESIA DAN MOTIFNYA

BATIK INDONESIA DAN MOTIFNYAMotif Batik Indonesia memiliki banyak keindahan, syarat akan makna dan filosofi. Berbekal dengan media kain, malam dan canthing, masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah dan Jogja terus berkarya untuk menghasilkan Batik Indonesia yang semakin indah.

Harmonisasi antar sesama manusia, manusia dengan alam dan Sang Pencipta, bahkan harapan akan kehidupan yang olebih baik mereka tuangkan dalam ornamen dan motif batik Indonesia. Mengingat Batik Indonesia adalah warisan tradisi sejak ratusan tahun yang lalu, sudah tak terhitung lagi lembar batik yang telah dihasilkan.

Berikut beberapa motif-motif Batik Indonesia

Motif Batik Sekar Jagat
Motif Sekar Jagad mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata “kar jagad” (Kar=peta; Jagad=dunia), sehingga motif ini juga melambangkan keragaman diseluruh dunia

Motif Batik Truntum
Motif Batik Truntum yang diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) bermakna cinta yang tumbuh kembali. Beliau menciptakan motif ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang (tumaruntum). Karena maknanya, kain bermotif truntum biasa dipakai oleh orang tua pengantin pada hari penikahan. Harapannya adalah agar cinta kasih yang tumaruntum ini akan menghinggapi kedua mempelai. Kadang dimaknai pula bahwa orang tua berkewajiban untuk “menuntun” kedua mempelai untuk memasuki kehidupan baru.

Motif Batik Sida Mukti
Motif-motif berawalan sida (dibaca sido) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik. Kata “sida” sendiri berarti jadi/menjadi/terlaksana. Dengan demikian, motif-motif berawalan “sida” mengandung harapan agar apa yang diinginkan bias tercapai. Salah satunya adalah sida mukti, yang mengandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

Motif-motif tersebut mempunyai makna dan filosofi yang berbeda-beda. Dalam perkembangannya, batik yang baik dilukis pada media kain Primisima dan kain sutera. Dengan motif yang semakin beragam dan bahan yang semakin bagus, diharapkan masyarakat Indonesia ‘mau’ kembali memasyarakatkan batik dengan memakainya sebagai pakaian sehari-hari. Karena motif dan bahanya yang sangat beragam dari yang sederhana sampai dengan yang mewah, kain-kain batik biasanya juga dijadikan baju dan busana sehari-hari baik untuk dirumah maupun di kantor. Banyak pula yang menjadikan batik sebagai koleksi karena nilainya yang sangat tinggi.

Bagi Anda yang mulai tertarik dan ingin mencari motif batik indonesia, bisa langsung ke PGS. Maju terus Batik Indonesia.



      

Leave a Reply